Mengenal Alit Jamaludin, Abdi Umat Sepenuh Hati (Bagian 2-Habis) - Aru Elgete

Breaking

Kamis, 03 Januari 2019

Mengenal Alit Jamaludin, Abdi Umat Sepenuh Hati (Bagian 2-Habis)


Alit Jamaludin


Pada 2008, Kang Alit kembali menunjukkan dirinya sebagai sosok yang memang pantas menjadi seorang pemimpin. 

Di periode 2008-2013, ia dipercaya untuk menakhodai organisasi di bawah naungan Nahdlatul Ulama, yakni Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU Kota Bekasi.

Ke-NU-an Kang Alit kian dipertajam. Ia terlibat dalam struktur Pengurus Cabang NU Kota Bekasi. Posisinya, sebagai Wakil Sekretaris. Jabatan itu ia terima, pada periode 2013-2018, pasca purnabakti sebagai Ketua Lakpesdam.

Kemudian, sebagai kader muda NU Kota Bekasi yang mumpuni dan memiliki kemampuan berorganisasi dengan baik, Kang Alit dipercaya oleh Ketua Umum MUI (Pengganti Antar Waktu/PAW) KH Zamakhsyari Abdul Majid untuk menduduki posisi sebagai Sekretaris Bidang Fatwa, hingga 2019.


Berorganisasi bagi Kang Alit, menjadi sebuah pelecut dan jalan terbaik untuk menggapai segala cita. Karenanya, pada Agustus 2018 lalu, ia terpilih sebagai Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Bekasi.

Dengan berbagai pengalaman dan pengabdian yang telah dilakukan selama ini, Kang Alit memiliki niat tulus nan baik untuk mengabdi untuk masyarakat Kota Bekasi melalui parlemen.

Sosok yang menurut saya agamis, cerdas, moderat, santun, bersahaja, dan humoris ini mewakafkan jiwa serta raganya untuk menjadi penyalur aspirasi rakyat.



Melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang bernomor urut 1, kini ia menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi.

Alit Jamaludin berada di Daerah Pemilihan (Dapil) 1, Bekasi Timur-Bekasi Selatan, dengan nomor urut 1. Semuanya serba satu.

Entah karena kebetulan atau tidak, yang jelas bagi saya ini semua adalah takdir yang telah ditetapkan Allah untuk Kang Alit. Barangkali, angka satu itu merupakan wujud representasi dari kemanunggalan dirinya dengan rakyat. Wallahua’alam, semoga.

Menjadi calon wakil rakyat tentu harus memiliki visi atau tujuan yang nantinya akan diwujudkan melalui kerja-kerja kerakyatan. Visinya adalah menjadikan Kota Bekasi yang cerdas, kreatif, dan terdepan.

Kang Alit punya misi. Yaitu ingin sekali Bekasi menjadi kota yang ramah anak dan terdapat sebuah ruang untuk melakukan pendidikan karakter bagi anak, sejak dini. Itulah yang menjadi fokus utama perjuangannya.

Selain itu, ia juga akan mendorong penyediaan ruang, fasilitas, serta berbagai media kreatif untuk tumbuh dan kembang potensi anak. Itu, yang selama ini menjadi pekerjaan rumah bagi kota yang berjuluk Bumi Patriot ini.

Karenanya, Kang Alit akan memperjuangkan itu semua hingga menjadi Peraturan Daerah (Perda) di Kota Bekasi. Hal tersebut bakal dilakukan sebagai wujud kepeduliannya terhadap generasi muda di sini.

Kemudian, ia mengaku sudah merancang sebuah formula untuk mengimplementasikan kebijakan terkait pendidikan karakter yang berbasis keagamaan dan nasionalisme. 

Sehingga, Kang Alit berharap, generasi milenial saat ini tidak hanya cerdas secara hard skill, tetapi juga memiliki akhlak mulia dan rasa cinta kepada tanah air.

Sebagai Sekretaris Bidang Fatwa MUI Kota Bekasi, ia menginginkan lembaga keagamaan itu hadir bukan sekadar menjadi pihak yang melakukan sertifikasi halal atau haram terhadap sesuatu.

Namun, MUI diharapkan juga mampu bertransformasi menjadi organisasi terdepan dalam memelihara serta meningkatkan kerukunan antarumat beragama di Kota Bekasi.

Begitu pula halnya Kang Alit yang juga sebagai Ketua ISNU Kota Bekasi. Ia punya gagasan besar dalam mewujudkan generasi muda Kota Bekasi untuk senantiasa menghasilkan berbagai karya kreatif nan inovatif di berbagai bidang. Terkhusus, bidang ekonomi kreatif yang berbasis kearifan lokal berdaya saing global.

Prinsipnya adalah ‘Mengabdi sepenuh hati untuk umat’. Harapan Kang Alit dengan prinsip itu yakni agar senantiasa diberi kekuatan untuk mampu mencurahkan segenap perhatian kepada generasi muda di Kota Bekasi.

Ia kerap menjadi narasumber, trainer, dan pemateri di berbagai organisasi kepemudaan di Kota Bekasi. Fokus dan empati terhadap masa depan bangsa di Bumi Patriot ini sudah tidak bisa diragukan lagi.

Kang Alit sangat berharap, kelak Kota Bekasi menjadi salah satu daerah teladan dan pelopor terbaik dalam membangun peradaban bangsa Indonesia.

Untuk itu, doa serta dukungan dari masyarakat Kota Bekasi merupakan yang paling utama bagi Kang Alit untuk bisa mengabdi menjadi aspirator suara rakyat melalui parlemen.

Ingat! Dapil 1 Bekasi Timur-Bekasi Selatan. Partainya nomor 1. Calegnya, Alit Jamaludin, juga nomor urut 1. Paling pojok kiri atas.


Habis...