Rabu, 10 Januari 2018

Harlah Tahun Lalu: NU Sebagai Ruang Moderasi Pemikiran


Sumber gambar: muslimoderat.net


Tak terasa, Januari 2018 sudah berjalan hampir dua pekan. Di akhir bulan, secara kalender masehi, organisasi Islam terbesar di Indonesia; yakni Nahdlatul Ulama (NU), akan merayakan hari lahir (harlah). Saya bersyukur, karena tahun lalu berkesempatan hadir. Mendengarkan nasihat Rais Aam KH Ma'ruf Amin dan Ketua Umum PBNU KH Sa'id Aqil Siroj.

Saya masih ingat betul, beberapa poin penting yang disampaikan kedua ulama santun itu. Sejarah perjuangan ulama di Indonesia dibahas; mulai dari kisah heroik Hadlratussyaikh KH Hasyim Asy'ari, hingga KH Abdurrahman Wahid yang membuka kran demokrasi.

Perayaan harlah tahun lalu, saya seperti merasakan ada sebuah kesepakatan bahwa NU berkomitmen untuk terus menjaga dan merawat Ibu Pertiwi. Menjadi pelindung dari marabahaya. Tidak ekstrem kiri dan kanan. Tetap berada di tengah. Meskipun gelombang kian menghantam, NU tetap berdiri di atas prinsipnya; laa syarqiyyah wa laa gharbiyyah. Tidak condong ke timur dan ke barat.

Kala itu, 31 Januari 2017, KH Ma'ruf Amin memberikan tausiyah. Beliau katakan, NU wajib untuk senantiasa menjadi ruang moderasi pemikiran kebangsaan dan keagamaan. Bergerak pun, sama. Soal pelayanan keumatan, jangan ditanya.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengungkapkan bahwa NU tidak jumud dalam membaca teks keagamaan, tapi juga tidak terlalu longgar dalam memahaminya. Artinya, tidak kaku dalam hal ritual, juga tidak terlalu fokus pada kehidupan sosial. Tegasnya, NU menolak Liberalisasi dan Radikalisasi Islam.

NU berkewajiban menjaga nilai-nilai tradisi, melestarikan dan mengupayakan agar tetap mengenal masa lalu, tetapi jangan sampai lupa untuk terus melakukan inovasi. Organisasi yang didirikan oleh para ulama pendiri bangsa itu harus menjadi benteng dari segala ancaman yang datang saat ini; yang berpotensi merusak bangunan sejarah berupa kebudayaan.

Selain itu, KH Said Aqil Siroj menyampaikan pidato kebudayaan. Di hadapan ribuan Nahdliyyin yang memadati halaman kantornya itu, ada banyak hal yang diungkapkan. Warga NU, dari yang muda hingga tua, saksama mendengarnya. Bahkan, ada beberapa pejabat dan petinggi negara. Dari mulai menteri hingga tukang becak, hadir dan turut berbahagia merayakan harlah NU ke-91.

Kiai asal Cirebon itu bertutur bahwa di Timur Tengah tidak ada ulama yang nasionalis. Pun sebaliknya. Orang yang nasionalis pasti bukan ulama. Setelah memberi contoh dan perbandingan, seperti Hasan Al-Banna dan Saddam Hussein; beliau kemudian menyebut nama KH Hasyim Asy'ari dengan rasa bangga.

"Pendiri NU itulah; Ulama Nasionalis, Nasionalis yang Ulama," ucap Pengasuh Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Ciganjur, Jakarta itu.

Dalam perjalanannya, NU selalu tegas terhadap Islam dan negara. Tidak ada pertentangan diantara nasionalisme dan agama. Begitu kata pendiri NU. Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945, tak bisa lagi ditawar-tawar. Harga mati. Siapa yang merusak, berhadapan dengan NU.

Soal membela kehormatan ulama, Nahdliyyin punya cara tersendiri. Tak perlu diragukan lagi. Umat Islam yang tergabung dalam Jam'iyyah Islamiyyah Ijtima'iyyah bi thoriqoh nahdlotul ulama itu selalu memelihara adab kepada orang-orang berilmu. 

Bagi warga NU, takzim kepada ulama merupakan cara menghargai ilmu. Melalui itu pula, Nahdliyyin merasa dekat dengan Allah dan Rasul-Nya. Bahkan, memandang wajah ulama diyakini sebagai keberkahan. Bukan berlebihan. Memang begitulah, adab kepada ulama.

Tanpa diminta dan dikomando, warga NU akan dengan sendirinya membela ulama yang dicinta. Namun, ketika dianjurkan untuk menahan diri, Nahdliyyin tidak akan terprovokasi. Sebagian besar dari mereka adalah santri, pasti pernah belajar kitab ternama; Ta'lim al-muta'alim. 

Ulama-ulama NU juga tidak pernah berlebihan. Mereka tidak mengandalkan kekuatan massa saat dirinya sedang dalam masalah. Pemecahan solusi pun dilakukan. Ide-ide cemerlang selalu lahir seketika. Kuncinya; santun dan cinta kasih.

Semasa di pesantren, warga NU pasti belajar soal prinsip ke-NU-an. Tasamuh, Tawassuth, I'tidal, dan Tawazzun. Kesemuanya menjadi pedoman hidup; bermasyarakat, beragama, dan bernegara. Sebab, Nahdliyyin bukan peledak, tetapi penjinak.

Terakhir, ciri Nahdliyyin adalah santun, tidak kagetan dan latahan, serta pemaaf. Warga NU selalu menerapkan ilmu padi; semakin berisi kian merunduk. Tan Malaka bilang, padi tumbuh tak berisik.

Nahdliyyin tidak pernah seperti balon; isinya kosong. Mudah meninggi. Digesek sedikit, meledak-ledak. Kalau pun ada yang seperti itu dengan mengaku sebagai bagian dari NU, percayalah dia belum menjadi Nahdliyyin yang kaffah.

(Sekali lagi) Nahdliyyin bukan peledak, tetapi penjinak. Menjadi penengah dari kesemrawutan persoalan kemasyarakatan. Menjadi penjernih, bukan malah menjadikan persoalan kian rumit nan keruh.

Umat Islam yang berada di lingkungan NU selalu menghargai perbedaan. Saat melihat kebaruan fenomena tidak pernah kaget dan layanan. Tetap santai. Tidak kesusu. Tetap menjunjung kebebasan berpendapat. Sebab menurutnya, perbedaan adalah niscaya.

Yang terpenting, bukan seorang Nahdliyyin kalau dalam berdiskusi gemar membenci. Kalau berdakwah suka mengumbar amarah. Bukanlah Nahdliyyin senjata yang selalu merasa diri paling benar, hingga kemudian terprovokasi untuk berbuat onar. Karena, Nahdliyyin bukan peledak, tetapi penjinak.



Wallahu A'lam


Aru Elgete
Nahdliyyin Garis Melengkung 
Previous Post
Next Post

0 komentar: